Home » Beranda » Fatwa Ulama Indonesia dan Timur Tengah Mengenai Multi Level Marketing (MLM)

Kalender

November 2020
F S S M T W T
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Fatwa Ulama Indonesia dan Timur Tengah Mengenai Multi Level Marketing (MLM)

Judul: Fatwa Ulama Indonesia dan Timur Tengah Mengenai Multi Level Marketing (MLM)

Penulis: Dr. H. M. Sofwan Jauhari, Lc., M.Ag

Tebal Halaman: xvi + 330

Ukuran Buku: 15 cm x 22 cm

No. 978-602-5668-79-9

Unduh Sinopsis Buku.pdf

TENTANG PENULIS

Nama: Dr. H. M. Sofwan Jauhari, Lc., M.Ag

Alamat: Depok, Jawa Barat

Email: sofwanjauhari@gmail.com

SEKILAS TENTANG BUKU

Penelitian tentang fatwa merupakan salah satu penelitian yang menarik bagi kalangan scholar dan peneliti lainnya, karena fatwa merupakan opini para elite keagamaan Islam yang banyak mempengaruhi kondisi sosial masyarakat dan pemikirannya. Fatwa adalah penjelasan atas suatu masalah dari sudut pandang syariah, fatwa merupakan suatu jawaban atas sebuah pertanyaan. Oleh karena itu, terbitnya suatu fatwa pasti melibatkan mustafti, muftī, istiftā’, dan fatwa itu sendiri. Mustafti adalah pihak yang meminta fatwa atau yang bertanya, dan muftī adalah pihak yang mengeluarkan fatwa atau yang menjawab pertanyaan tersebut.

Meskipun telah banyak penelitian tentang fatwa, namun fatwa yang terkait dengan bisnis Multi Level Marketing (MLM) atau Penjualan Langsung Berjenjang masih belum banyak yang meneliti. Model bisnis ini sepertinya masih dipandang sebagai sesuatu yang belum menarik bagi sebagian kalangan akademisi. Padahal menurut data The World Federation of Direct Selling Association (WFDSA), jumlah penduduk Indonesia yang menjadi anggota MLM pada tahun 2017 telah mencapai 16.622.000 orang dengan omzet yang mencapai Rp 18,9 Trilyun.

Melalui buku ini Penulis menerangkan secara komprehensif bahwa fatwa DSN MUI dalam bidang fiqh al-mu’amalat lebih sistematis dan lebih akomodatif terhadap pelaku bisnis dibanding dengan fatwa ulama Timur Tengah. Hal ini karena fatwa DSN MUI tidak hanya memberikan vonis hukum terhadap hal yang difatwakan tetapi juga memberikan solusi kepada mustafti dalam menjalankan bisnis agar bisnis yang dijalankannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Fatwa DSN MUI juga dipandang lebih tepat dan applicable bagi muslim Indonesia daripada fatwa Ulama Timur Tengah karena konten fatwa diputuskan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan atas kondisi sosial yang ada di Indonesia.


1 Comment

  1. Assalamu’alaikum Admin,

    Mau tanya, kalo mau beli buku “Fatwa Ulama Indonesia dan Timur Tengah Mengenai Multi Level Marketing (MLM)” dimana ya?

    Syukron

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: