Home » Buku Terbitan » Film Religius dan Religiusitas Remaja:Studi atas Dampak Film Para Pencari Tuhan Jilid X terhadap Religiusitas Remaja

Kalender

November 2020
F S S M T W T
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Film Religius dan Religiusitas Remaja:Studi atas Dampak Film Para Pencari Tuhan Jilid X terhadap Religiusitas Remaja

Penulis: Robby Aditya Putra

Tebal Halaman: xvi + 299

Ukuran Buku: 14 cm x 21 cm

No. ISBN: 978-602-1349-19-9

 

TENTANG PENULIS

Nama: Robby Aditya Putra

Alamat: Pugungraharjo, Lampung Timur

Email: robyadityaputra@gmail.com

 

SEKILAS TENTANG BUKU

5 tahun kebelakang, produksi film yang mengangkat nilai-nilai Islam sebagai ide ceritanya ramai bermunculan. Kuantias produksi ini kemudian tidak serta merta berbanding lurus dengan dampak positif bagi penontonnya. KPI, LSF, BPI, MUI, tercatat sudah beberapa kali menyoroti film untuk bisa tayang di Indonesia. Sorotan ini menandakan,  materi film Islami yang diproduksi masih “ke-kiri-an” atau “ke-kanan-an,” tidak sepenuhnya bersemangat Ukhuwah Wathaniyah dan Basyariyah. Jika materi film menyimpang, akan dapat berdampak negatif pada perkembangan religiusitas masyarakat, khususnya remaja. Idealnya, semua materi film harus berlandaskan spirit undang-undang dasar, yakni menyerdaskan bangsa dan menyejahterakan rakyat Indonesia. Bukan sebaliknya.

Terlebih melihat fakta masa remaja yang cenderung mudah dipengaruhi dan sangat rentan kemaksiatan. Terbukti dengan 10 juta remaja dunia hidup dengan HIV/AIDS, 2.2 juta terdapat di Asian yang didominasi oleh remaja putri. Narkoba, sex bebas, tawuran, dan masalah lain juga kerap menghantui. Kecenderungan remaja yang selalu ingin beradaptasi dengan hal baru ini, harus difilterisasi oleh Islam melalui aktivitas dakwah, salah satunya dengan memproduksi film Islami yang mengedukasi. Namun masalahnya, apakah film Islami tersebut mampu berdampak positif bagi remaja? Selama ini, jawaban atas pertanyaan ini cenderung dijawab secara serampangan, tidak melalui penelitian akademis yang serius.

Tesis ini mengkaji tentang dampak film Islami terhadap perkembangan religiusitas remaja, dengan menjadikan remaja di SMAN 1  Sekampung Udik dan sinetron Para Pencari Tuhan jilid x sebagai objek kajian. Keberadaan penelitian ini merupakan bagian dari komunikasi Islam (Islamic communication). Dalam penelitian ini, hubungan antar responden dan film dikaji dengan teori religiusitas dan teori dampak media. Segala hal yang menyangkut religiusitas responden sebelum dan sesudah menonton Para Pencari Tuhan jilid x diklasifikasikan dan  dianalisis dengan teori tersebut.

%d bloggers like this: