Home » Beranda » Monograf: Pengenalan Gerak Pergelangan Tangan Berdasarkan Sinyal Electromyograph (EMG) Menggunakan Learning Vector Quantization (LVQ)

Kalender

December 2020
F S S M T W T
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Monograf: Pengenalan Gerak Pergelangan Tangan Berdasarkan Sinyal Electromyograph (EMG) Menggunakan Learning Vector Quantization (LVQ)

Judul: Monograf: Pengenalan Gerak Pergelangan Tangan Berdasarkan Sinyal Electromyograph (EMG) Menggunakan Learning Vector Quantization (LVQ)

Penulis: Darma Setiawan Putra, ST., MT.

Tebal Halaman: xii + 53

Ukuran Buku: 14.8 cm x 21 cm

No. ISBN: 978-602-5668-82-1

TENTANG PENULIS

Nama: Darma Setiawan Putra, ST., MT.

Alamat: Aceh

Email: asmedmat@gmail.com

SEKILAS TENTANG BUKU

Sinyal EMG merupakan sinyal elektrik yang terdapat pada lapisan otot manusia. Sinyal ini muncul disebabkan oleh adanya aktifitas kontraksi otot. Sinyal EMG dapat direkam dengan menggunakan suatu perangkat yang disebut electromyograph (EMG). Sinyal ini dapat diakuisisi dengan cara menempelkan suatu elektroda pada lapisan permukaan kulit kemudian elektroda ini akan menangkap sinyal mentah (raw signal) EMG. Sinyal mentah EMG ini akan dilakukan preprocessing terlebih dahulu dengan metode filtering, rectified dan smoothing. Setelah dilakukan preprocessing, sinyal EMG ini akan melalui proses ekstraksi fitur untuk mendapatkan data EMG hasil ekstraksi menggunakan onset, offset dan durasi sinyal. Selanjutnya data EMG ini akan diklasifikasi menggunakan metode learning vector quantization (LVQ) untuk mengetahui tingkat perbedaan atau keunikan sinyal EMG pada otot lengan bagian bawah pada saat gerakan fleksi dan ekstensi pergelangan tangan yang dikombinasikan dengan gerakan menggenggam dan membuka telapak tangan pada setiap individu manusia normal. Dengan adanya tingkat perbedaan dan variasi dari sinyal EMG pada otot lengan bagian bawah ini maka gerakan menggenggam dan membuka telapak tangan pada manusia dapat digunakan untuk identitas biometrik dan pengontrol tangan buatan.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: