Home » Beranda » Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multiple Intelligences: Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor

Kalender

December 2020
F S S M T W T
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multiple Intelligences: Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor

Judul: Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multiple Intelligences: Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor

Penulis: Dr. Ubaid Ridlo, MA

Tebal Halaman: xvi + 309

Ukuran Buku: 15 cm x 22 cm

No. ISBN: 978-602-5668-60-9

TENTANG PENULIS

Nama: Dr. Ubaid Ridlo, MA

Alamat: Jakarta

Email: ubaid.ridlo@uinjkt.ac.id

SEKILAS TENTANG BUKU

Selama ini pendidikan di Indonesia menilai kecerdasan manusia terlalu sempit, manusia dianggap hanya memliki satu kecerdasan yang dapat diukur, mereka menyebutnya kecerdasan logika-matematika, sedangkan alat yang digunakan untuk mengukur kecerdasan adalah tes IQ. Padahal, pendidikan abad 21 menuntut pola pembelajaran yang lebih memberdayakan multikecerdasan peserta didiknya.

Kondisi inilah yang diungkapkan Howard Gardner dengan teorinya yang berkaitan dengan multiple intelligences dengan mencoba membongkar paradigma IQ. Ia menegaskan bahwa IQ memiliki berbagai kelemahan karena hanya mampu mengukur kecerdasan bahasa dan logis matematis saja. Padahal menurut Gardner, kecerdasan manusia boleh jadi tak terbatas dan kompleksitas mental manusia tidak akan dapat diukur oleh tes IQ tersebut. Dalam bukunya Frame of Minds tahun 1983, Gardner mengemukakan konsep kecer-dasan sebagai multi faktor, yang terdiri dari tujuh dimensi yang saling terpisah, bukan semata kontruksi unit tunggal. Ketujuh kecerdasan itu menurut Gardner adalah kecerdasan bahasa, logis metematik, visual, spatsial, musikal, kinestetik, interpersonal, dan kecerdasan intrapersonal. Belakangan ini, dalam bukunya yang berjudul Intelligence Reformed, Gardner menam-bahkan kecerdasan naturalis, eksistensia, dan spiritual. Teorinya tersebut menghilangkan anggapan yang ada selama ini tentang kecerdasan manusia.

Berdasarkan uraian di atas, melalui buku ini Penulis meneliti tentang metode, media, lingkungan berbahasa, evaluasi, dan prestasi dalam perspektif teori Multiple Intelligences dalam Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor yang dipilih berdasarkan pertimbangan akademik dan keilmuan. Namun demikian, topik pembahasan dalam buku ini sangat relevan diterapkan di semua lini proses pendidikan di Indonesia.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: