Home » Buku Terbitan » Pemikiran Politik Islam Sjafruddin Prawiranegara (1911-1989)

Kalender

November 2020
F S S M T W T
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Pemikiran Politik Islam Sjafruddin Prawiranegara (1911-1989)

Judul: Pemikiran Politik Islam Sjafruddin Prawiranegara (1911-1989)

Penulis: Dr. Hasan Mustapa, M.Si

Tebal Halaman: xxx + 731

Ukuran Buku: 15 cm x 22 cm

No. ISBN: 978-602-50087-3-3

 

TENTANG PENULIS

Nama: Dr. Hasan Mustapa, M.Si

Alamat: Garut, Jawa Barat

Email: hmustafa396@gmail.com

 

SEKILAS TENTANG BUKU

Buku ini menampilkan pemikiran terpendam Sjafruddin Prawiranegara, seorang negarawan dan Presiden Kedua RI. Penulis buku ini berhasil mengatasi tantangan stigmatis terkait posisi Pak Sjaf sebagai begawan ekonomi nasional. Penelitian ini memetakan tiga gagasan politik Islam mantan ketua PDRI ini, yakni tata kelola pemerintahan yang baik, masyarakat sipil serta Islam transformatif. Dalam bahasan good governance terkandung kajian tentang transformasi struktural, nation building (negara Islam, pancasila sebagai ideologi terbuka, parpol, nasionalisme) serta politik kesejahteraan.

Dalam kajian civil society terdapat paparan terkait pendekatan kultural (demokrasi, pluralisme, inklusifisme), pendekatan struktural (otonomi daerah, federalisme) serta implementasi HAM. Sementara dalam Islam transformatif terlihat upaya menjadikan moralitas Islam (nilai sufistik) sebagai drive bagi kesadaran aktual subjektif dalam peradaban. Keseluruhan tema tersebut ditinjau dalam perspektif sosialisme religius, yakni sebuah upaya menegakkan keadilan sosial, masyarakat egaliter serta kesetaraan universal melalui paradigma agama (Islam).

Temuan penelitian ini juga memperlihatkan persamaan konseptual Sjafruddin dengan Ali Shariati sebagai pemikir politik keagamaan (politico religio thinker) yang memandang Islam dalam bentuk murninya sebagai ideologi politik keagamaan yang dapat dan harus difungsionalisasikan sebagai kekuatan revolusioner untuk membebaskan rakyat yang tertindas, baik secara kultural maupun politik.

 

Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA

Guru Besar Sejarah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,

Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia

 

Meski gagasan civil society terpapar jelas dalam jejak sejarah umat Islam, pengalaman dan idenya terkubur dalam relung dimensi ruang dan waktu … Dalam sisi inilah, disertasi karya Dr. Hasan Mustapa ini memberikan gambaran bagaimana sosok Sjafruddin Prawiranegara, salah satu “Presiden yang Terlupakan” ini mencoba menguak kembali khazanah yang telah lama tenggelam tersebut sebagai respons terhadap tantangan kontemporer dalam seluruh dimensi kehidupan mulai dari politik, sosial, ekonomi, budaya maupun sejarah.

 

Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, MA

Guru Besar Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

%d bloggers like this: