Home » Buku Terbitan » Pendidikan dalam Syi‘r Imam Syafi’i

Kalender

December 2020
F S S M T W T
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Pendidikan dalam Syi‘r Imam Syafi’i

Judul: Pendidikan dalam Syi‘r Imam Syafi’i

Penulis: Dr. Nurhamim

Tebal Halaman: xvi + 280

Ukuran Buku: 15 cm x 22 cm

No. ISBN: 978-602-50515-1-7

 

TENTANG PENULIS

Nama: Dr. Nurhamim

Alamat: Bekasi

Email: nurhamimgds@gmail.com

 

SEKILAS TENTANG BUKU

Syi’r  dalam budaya Arab ibarat musik heroik yang mampu membangkitkan semangat juang seorang pemuda, oleh karena itu, syi’r  memberi efek yang luar biasa, sebab ia mampu mengendalikan pikiran para pemuda untuk tetap menanamkan pentingkan pendidikan dari berbagai macam kontekstual, sehingga mereka menjadi pemuda yang berguna bagi bangsa dan negaranya. Untuk itu, setiap kabilah pasti mengharapkan lahir darinya seorang penyair yang kelak akan melahirkan syi’r-syi’r  yang memotivasi masyarakat untuk tetap mementingkan dunia pendidikan.

Syi’r  yang mengandung nilai-nilai pendidikan salah satunya  adalah syi’r  Imam Syafi’i yang banyak berpengaruh terhadap situasi dan kondisi masyarakat pada zamam Abbasi. Imam Syafi’i yang pernah menjadi murid Imam Malik dikenal sebagai sastrawan yang banyak memproduksi syi’r-syi’r yang mudah dipahami dan mengandung makna  begitu mendalam bagi penikmatnya. Secara global syi’r-syi’r tersebut mengandung makna tentang kesederhanaan dalam kehidupan duniawi, pentingnya mengoptimalkan ibadah-ibadah mahdah, pentingnya moral untuk mengimbangi ibadah-ibadah mahdah, pentingnya menuntut ilmu, keutamaan-keutamaan bagi orang yang berilmu dan pesan-pesan positif lainnya.

Buku ini hadir di hadapan sidang pembaca untuk mengupas syi’r -syiar Imam Syafi’i dan hubungannya dengan situasi dan kondisi pendidikan Islam. Buku ini juga memberikan kejelasan tentang seberapa besar kedudukan syi’r -syi’r  Imam Syafi’i di lingkungan masyarakat Arab dan Islam, dan seberapa besar pengaruhnya bagi masyarakat Arab atau Islam itu sendiri, khsususnya dalam konteks pendidikan Islam.

%d bloggers like this: