Home » Buku Terbitan » Al-Qur’an dalam Perspektif Transformasi Generatif

Kalender

December 2020
F S S M T W T
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Al-Qur’an dalam Perspektif Transformasi Generatif

Judul: Al-Qur’an dalam Perspektif Transformasi Generatif

Penulis: Dr. Wati Susiawati, MA

Tebal Halaman: xiv + 275

Ukuran Buku: 15 cm x 22 cm

No. ISBN: 978-602-5668-39-5

 

TENTANG PENULIS

Nama: Dr. Wati Susiawati, MA

Alamat: Serang, Banten

Email: wati.susiawati@uinjkt.ac.id

 

SEKILAS TENTANG BUKU

Ketepatan Al-Qur’an dalam proses sellection dan arrangement sungguh sangat luar biasa. Bukan hanya karena kei’jazannya saja, akan tetapi hal ini tercermin dalam hasil kajian dan temuan teori transformasi generatif yang diimplementasikan dalam bahasa Arab Al-Qur’an. Dari hasil penelusuran, tidak ditemukan kesamaan makna baik dalam proses sellection khususnya pada kajian diksi kata dalam Al-Qur’an yang meliputi kajian sinonim dan antonim, terlebih pada proses arrangement, terlebih lagi pada susunan/tarkib taqdim wa ta’khir dan hadhf di dalam Al-Qur’an dengan segala fungsi dan tujuannya. Pola tersebut mengandung makna yang berbeda dibandingkan jika pola tersebut tidak diberlakukan.

Buku ini bertujuan untuk membuktikan statement Chomsky yang menyebutkan bahwa teori transformasi generatif dapat diimplementasikan pada tata bahasa dunia termasuk bahasa Arab. Menurutnya, bahasa bersifat mentalistik/ kejiwaan (الذهنية), yang bersifat innate (bawaan/warisan/ keturunan), terdiri atas unsur kompetensi (competence/ الكفاية اللغوية) dan perfomansi (performance/الأداء الكلامي) yang tertuang dalam struktur luar (surface structure/البنية السطحية) dan struktur dalam (deep structure/ البنية العميقة).

Penulis buku ini membahas secara mendalam kajian tentang tata bahasa transformasi generatif yang diusung oleh Chomsky yang diimplementasikan ke dalam bahasa Arab Al-Qur’an. Selain itu juga buku ini memuat penelusuran sebagai upaya untuk memperjelas kajian struktur kalimat (sintaktik) dan kajian makna (semantic) yang dijabarkan oleh Noam Chomsky dalam buku Generative Grammar, yang kemudian melahirkan teori tata bahasa transformasi generatif (transformational generative grammar).

%d bloggers like this: