Home » Buku Terbitan » Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Buku Al‘Arabiyah Li Ghayr Al-‘Arab dan Buku Al-‘Arabiyah Bayna Yadayk

Kalender

December 2020
F S S M T W T
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Buku Al‘Arabiyah Li Ghayr Al-‘Arab dan Buku Al-‘Arabiyah Bayna Yadayk

Judul: Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Buku Al-‘Arabiyah Li Ghayr Al-‘Arab  dan  Buku Al-‘Arabiyah Bayna Yadayk

Penulis: Nur Atin

Tebal Halaman: xvi + 249

Ukuran Buku: 14,5 cm x 20,5 cm

No. ISBN: 978-602-1349-22-9

 

TENTANG PENULIS

Nama: Nur Atin

Alamat: Kota Serang, Banten

Email: atinlupi@yahoo.co.id

 

SEKILAS TENTANG BUKU

Di Indonesia, bahasa Arab menjadi mata pelajaran yang diwajibkan disemua lembaga pendidikan Islam. Namun pada kenyataannya banyak masyarakat yang berasumsi bahwa belajar bahasa asing itu susah dan kadang menjenuhkan, bahkan bisa bikin frustrasi.

Dewasa ini tuntutan belajar bahasa Arab bukan sekedar memahami teks semata, ada tuntutan lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu kemampuan berkomunikasi. Bahasa Arab sebagai bahasa Internasional yang banyak berfungsi untuk pergaulan global terutama dengan negara-negara Timur Tengah, maka metode tata bahasa tidak dapat menjadikan pelajar mampu menggunakan bahasa tersebut. Dengan semua kendala di atas dengan adanya penelitian-penelitian baru terutama dalam segi pembelajaran bahasa Arab diharapkan dapat menggerakkan atau menimbulkan bagi masyarakat untuk belajar bahasa Arab dengan mudah.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku al-‘Arabiyah li ghayr al-‘Arab dan buku al-‘Arabiyah bayna yadayk dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab untuk masyarakat non Arab. Pembelajaran bahasa Arab dengan dua buku ini menggunakan metode yang berbeda. Buku  Baina yadaik masih memakai metode pembelajaran bahasa Arab secara umum, sedangkan buku al-‘Arabiyah li-ghayr al-‘Arab mempunyai metodenya sendiri yang disebut dengan metode mustaqilli. Dari hasil evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku al-‘Arabiyah li ghayr al-‘Arab penulis menilai baik, terutama dalam kemahiran membaca menulis dan mendengar sedangkan dalam kemahiran berbicara peserta kursus mendapatkan nilai cukup. Sedangkan hasil evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku al-‘Arabiyah bayna yadayk kurang baik, banyak kriteria penilaian baik dari kemampuan membaca, menulis, mendengar, maupun berbicara yang belum mencapai target.

%d bloggers like this: