Home » Buku Terbitan » Euthanasia di Indonesia dalam Pespektif Syariah

Kalender

November 2020
F S S M T W T
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Euthanasia di Indonesia dalam Pespektif Syariah

Judul: Euthanasia di Indonesia dalam Pespektif Syariah

Penulis: Niswatul Khasanah

Tebal Halaman: xii + 216

Ukuran Buku: 14,5 cm x 20,5 cm

No. ISBN: 978-602-5668-29-6

 

TENTANG PENULIS

Nama: Niswatul Khasanah

Alamat: Lumajang, Jawa Timur

Email: niswah.alyhabasya1@gmail.com

 

SEKILAS TENTANG BUKU

Euthanasia tidak dapat dianggap sebagai masalah murni moral, walaupun banyak argumen menyatakan hal ini adalah amoral (tidak bermoral). Ada dilema medis yang harus diketahui, seperti seorang pasien dinyatakan memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan, perlu bagi pasien untuk menjalani penilaian medis yang tepat. Jika euthanasia itu harus dilegalkan, pasien harus menjalani penilaian medis yang ketat sebelum pasien dinyatakan menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Peringatan dalam hal ini, tentu saja bahwa euthanasia hanya akan mendapatkan izin pada pasien dengan penyakit terminal.

Kedudukan euthanasia dalam hukum Islam, terutama para tokoh Islam Indonesia, sangat menentang di lakukannya euthanasia. Hal ini didasarkan atas kaidahnya; “Ad-darurati tubihul-mahdurah” (kondisi yang darurat akan memperbolehkan sesuatu yang semula dilarang) kecuali tiga hal yang dilarang, yakni kufur, membunuh dan berzina. Namun, di antara sekian banyak ulama yang menentang, ada beberapa ulama yang mendukung adanya euthanasia. Menurut pendapat ini, euthanasia boleh dilakukan apalagi terhadap penderita penyakit menular dan tidak bisa disembuhkan. Pendapat ini didasarkan  pada kaidah Ushul Fiqh; al-Irtifaqu Akhaffu Darurain (melakukan yang teringan dari dua madlarat). Hal ini menegaskan bahwa langkah tersebut boleh dipilih karena merupakan pilihan dari dua hal yang buruk.

Atas dasar perbedaan kutub pendapat tersebut, buku ini hadir di hadapan sidang pembaca. Buku ini bukan saja hanya memberikan gambaran model euthanasia yang selama ini berlangsung, namun juga memberikan sumbangan pemikiran tentang hubungan antara agama dan dilema masyarakat dalam hal euthanasia.

%d bloggers like this: