Home » Beranda » Wakaf Uang: Pendekatan Teori dan Praktek

Kalender

November 2020
F S S M T W T
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Wakaf Uang: Pendekatan Teori dan Praktek

Judul: Wakaf Uang: Pendekatan Teori dan Praktek

Penulis: Dr. Fauziah

Editor: Novia Nengsih, MA.Ek

Tebal Halaman: xii + 1 69

Ukuran Buku: 15 cm x 23 cm

No. ISBN: 978-602-5668-90-6

TENTANG PENULIS

Nama: Dr. Fauziah

Alamat: Jakarta

Email: fauziahmz2606@gmail.com

SEKILAS TENTANG BUKU

Wakaf Uang adalah perbuatan hukum Wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian uang miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah. Secara sederhana yang dimaksud Wakaf Uang (Cash Wakaf/Wagf al-Nuqud) adalah wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai. Termasuk ke dalam pengertian uang adalah surat-surat berharga.

Wakaf uang sudah dipraktekkan di beberapa negara di dunia seperti Bangladesh, Turki, Maroko, Malaysia, Indonesia, dan lainnya. Di Turki, pada abad ke 15 H praktek wakaf uang telah menjadi istilah yang familiar di tengah masyarakat. Wakaf uang biasanya merujuk pada cash deposits di lembaga-lembaga keuangan seperti bank, dimana wakaf uang tersebut biasanya diinvestasikan pada profitable business activities. Keuntungan dari hasil investasi tersebut digunakan kepada segala sesuatu yang bermanfaat secara sosial keagamaan. Di Bangladesh, M.A Mannan menjadikan wakaf uang sebagai instrument finansial (financial instrument), keuangan sosial, dan perbankan sosial (Social finance and voluntary sector banking) melalui lembaga sosial yang bernama Social Inverstment Bank Limited (SIBL). Di Maroko semua biaya pendidikan mulai dan sekolah dasar hingga perguruan tinggi ditanggung oleh pemerintah melalui pengelolaan dana wakaf. Di Malaysia dan beberapa negara lainnya, dana pengelolaan wakaf uang juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan kesejahteraan sosial masyarakat.

Indonesia juga sangat konsen mengembangkan wakaf uang sebagai solusi persoalan sosial ekonomi masyarakat. Meskipun Indonesia masih tergolong baru dalam mengembangkan wakaf berupa uang karena peraturan yang melandasinya baru lahir pada tahun 2004. Dimulai dari fatwa Majelis Ulama Indonesia pada tanggal 11 Mei 2002 (28 safar 1423 H) yang memfatwakan kebolehan atas wakaf uang, dengan syarat nilai pokok wakaf harus terjaga dan dijamin kelestariannya. Sejak awal pengembangannya sampai hari ini, wakaf uang Indonesia sudah memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia, meskipun kontribusi tersebut belum maksimal karena belum meratanya pemahaman masyarakat terkait wakaf uang tersebut.

Oleh karena itu, buku ini hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Penulis dalam buku ini menjelaskan secara populer tentang wakaf uang, regulasi wakaf uang di Indonesia, cara berwakaf uang, serta manfaat wakaf uang itu sendiri. Tujuannya agar buku ini bisa memberikan pemahaman tentang wakaf uang bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan wakaf uang. Semakin besar wakaf uang, maka penyelesaian persoalan ekonomi masyarakat bisa dipercepat.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: