Home » Buku Terbitan » Agama dan Kepribadian: Analisis Psikologi Sastra dalam Teks Film ‘Umar Ibn Al-Khattab

Kalender

November 2020
F S S M T W T
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Agama dan Kepribadian: Analisis Psikologi Sastra dalam Teks Film ‘Umar Ibn Al-Khattab

Penulis: Renny Dwi Arumsari

Tebal Halaman: xxvi + 209

Ukuran Buku: 14,5 cm x 20,5 cm

No. ISBN: 978-602-50515-7-9

 

TENTANG PENULIS

Nama: Renny Dwi Arumsari

Alamat: Cilacap

Email: rennyusagi@gmail.com

 

SEKILAS TENTANG BUKU

Film merupakan gambar hidup yang juga sering disebut sebagai movie. Film secara kolektif sering disebut sebagai sinema. Sinema itu sendiri bersumber dari kata kinematik atau gerak. Film sekedar gambar yang berisi gerak, adapun pergerakannya disebut sebagai intermitten movement, gerakan yang muncul hanya karena keterbatasan kemampuan mata dan otak manusia menangkap sejumlah pergantian gambar dalam sepersekian detik.

Karakter ‘Umar  yang tampak dalam film ‘Umar ibn al-Khattab sangat kuat dan memiliki aspek psikologis yang menarik untuk dikaji khususnya dalam psikologi kepribadian yang berkaitan dengan agama yang dipeluk ‘Umar. Karya sastra yang dikaitkan dengan psikologi penting dilakukan penelitian, sebab menurut Wellek dan Warren bahwa psikologi membantu dalam mengumpulkan kepekaan peneliti pada kenyataan, mempertajam kemampuan, pengamatan, dan memberi kesempatan untuk mempelajari pola-pola yang belum terjamah sebelumnya. Sebagai gejala kejiwaan, psikologi dalam sastra mengandung fenomena-fenomena yang tampak lewat perilaku tokoh-tokohnya. Dengan demikian, film ‘Umar ibn al-Khattab karya Hatem ‘Aliy dapat diteliti dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra. Hal tersebut dapat diterima karena antara sastra dan psikologi memiliki hubungan lintas yang bersifat tidak langsung dan fungsional.

Buku ini menjadi penting hadir di hadapan kita semua terutama dalam menyajikan pembahasan mengenai fenomena di seputar keterkaitan antara agama dan psikologi kepribadian pada tokoh utama dalam film ‘Umar ibn al-Khattab dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra.

%d bloggers like this: