Home » Buku Terbitan » Kesejahteraan Psikologis dalam Perspektif Psikologi dan Tasawwuf (Studi Perbandingan Atas Viktor E. Frankl dan Robert Frager)

Kalender

November 2020
F S S M T W T
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kesejahteraan Psikologis dalam Perspektif Psikologi dan Tasawwuf (Studi Perbandingan Atas Viktor E. Frankl dan Robert Frager)

Judul: Kesejahteraan Psikologis dalam Perspektif Psikologi dan Tasawwuf (Studi Perbandingan Atas Viktor E. Frankl dan Robert Frager)

Penulis: Meta Malihatul Maslahat, MA.Si

Tebal Halaman: xx + 195

Ukuran Buku: 18,2 cm x 25,7 cm

No. ISBN: 978-602-1349-11-3

 

TENTANG PENULIS

Nama: Meta Malihatul Maslahat, MA.Si

Alamat: Cirebon

Email: mmalihatulmaslahat@yahoo.com

 

SEKILAS TENTANG BUKU

Buku dengan judul “Kesejahteraan Psikologis  dalam Perspektif Psikologi dan Tasawwuf: (Studi Perbandingan atas Viktor E. Frankl dan Robert Frager)” ini jelas menggunakan metode Telaah Banding (Comparative Study) sebagai “pisau analisisnya”. Metode ini  mencoba menyandingkan pandangan seorang tokoh dengan tokoh lain mengenai suatu masalah tertentu, dalam hal ini membandingkan tinjauan Viktor E. Frankl dan Robert Frager mengenai fenomena Kesejateraan Psikologis.

“Keseimbangan” adalah kata kunci dari kesimpulan ini yakni keseimbangan antara dua pandangan yang berbeda dalam pemikiran dan pendekatannya, tetapi saling melengkapi. Viktor E. Frankl yang cenderung “bermain” dalam tataran psikologis humanis(tik) saling mengisi dengan Robert Frager yang cenderung ke arah psikologis spiritual/sufistik. Dalam hal ini spiritualitas dalam artian psikologi sekuler dilanjutkan secara vertikal “ke atas” oleh spiritualitas sufistik menuju alam ketuhanan. Kesejalanan pandangan Frankl dengan Frager antara lain terlihat pada bagan “Proses Pencapaian Kesejahteraan Psikologis” menurut Viktor E. Frankl dan Robert Frager. Tentu saja terdapat perbedaan antara tinjauan kedua tokoh ini dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis, tetapi sejauh ini tampaknya tidak saling menafikan.  Bahkan dapat menghasilkan sintesis ideal yang meliputi aspek organo-biologi, psiko-sosio-kultural dan spiritual-transendental yang mengerucut pada karakter terpuji dan cinta kasih.

(HD Bastaman)

%d bloggers like this: