Home » Buku Terbitan » Pendidikan di Sekolah Berbasis Agama dalam Perspektif Multikultural: Studi Kasus pada Sekolah Islam dan Sekolah Kristen di Sumatera Utara

Kalender

November 2020
F S S M T W T
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Pendidikan di Sekolah Berbasis Agama dalam Perspektif Multikultural: Studi Kasus pada Sekolah Islam dan Sekolah Kristen di Sumatera Utara

Penulis: Dr. Muhammad Abrar Parinduri

Tebal Halaman: xiv + 344

Ukuran Buku: 15 cm x 22 cm

No. ISBN: 978-602-5668-04-3

 

TENTANG PENULIS

Nama: Dr. Muhammad Abrar Parinduri

Alamat: Kota Medan

Email: abr_mumtaz@yahoo.co.id

 

SEKILAS TENTANG BUKU

Negara Indonesia adalah bangsa yang multikultural. Dikatakan demikian karena di dalam kehidupan masyarakatnya diwarnai oleh berbagai jenis kelompok etnis atau suku bangsa, bahasa, adat istiadat, budaya, agama atau sistem religi. Kenyataan yang demikian tentu telah dibuktikan lewat adanya suku-suku yang menetap dan hidup di wilayah Indonesia. Dalam penelitian etnologi dikatakan bahwa jumlah suku bangsa yang hidup di Indonesia lebih kurang 600, dengan identitas budayanya sendiri-sendiri yang berbeda-beda. Di samping itu, multikulturalisme Indonesia juga dapat dibuktikan dengan adanya kepercayaan yang beraneka ragam seperti antara lain Islam, Kristen, Kristen Protestan, Hindu, Budha, Konghucu serta berbagai macam aliran kepercayaan.

Sebagai sebuah bangsa yang memiliki keragaman agama, budaya dan bahasa maka peluang untuk menimbulkan permasalahan di tengah-tengah masyarakat pasti akan terjadi pula seperti yang dihadapi belakangan ini. Beberapa permasalahan yang sedang hangat adalah: korupsi, kolusi, nepotisme, premanisme, perseteruan politik, kemiskinan, kekerasan, separatisme, perusakan lingkungan, pelecehan seksual, pemaksaan keyakinan dan hilangnya rasa kemanusiaan untuk selalu menghormati hak-hak orang lain.

Mencermati permasalahan tersebut, salah satu ikhtiar yang perlu dibangun adalah dengan menyelenggarakan pendidikan multikultural. Oleh karena itu, melalui bukunya ini penulis menyajikan hasil penelitian tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan multikultural di sekolah berbasis agama yang ada di Sumatera Utara. Pemilihan Sumatera Utara sebagai tempat peneliti mengingat di provinsi ini memiliki aneka ragam budaya, suku, adat istiadat dan agama.

Melalui buku ini juga penulis membeberkan sekaligus memberikan jawaban tentang adanya kekhawatiran dari para orang tua maupun masyarakat dengan praktik pendidikan multikultural. Rasa khawatir yang muncul tersebut diantaranya berkaitan dengan model pendidikan agama seperti apa yang diajarkan kepada siswa yang memiliki latar belakang agama berbeda, bagaimana interaksi antara siswa dengan siswa, interaksi antar sesama guru, interaksi antara sekolah dengan orang tua siswa, dan interaksi antara guru dengan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, sebaiknya anda membaca buku ini.

%d bloggers like this: